Langsung ke konten utama

SOSMA EDUCATIVE PROGRAM AND DEVELOPMENT ACTIVITY (SEPEDA) PART 1

MENGENAL KEMBALI PERMAINAN TRADISIONAL
“Aku Cinta Permainan Anak Indonesia”

Tangerang, 16 Maret 2017




Untuk mengenalkan dan mengenang kembali permainan tradisional indonesia yang sudah hampir punah karena tergerus teknologi Unit Kegiatan Mahasiswa SOSMA (Solidaritas Sosial Mahasiswa) mengadakan suatu kegiatan yang ditujukan kepada anak anak Sekolah SDIT (Sekolah Dasar Islam Terpadu) Miftahul Dinniyah khususnya kepada mereka anak usia dini yang tidak mengenal permainan tradisional.

Kegiatan ini berlangsung sejak pukul 9 pagi sampai dengan pukul 12 siang. Dimulai dengan pembukaan yaitu adalah Materi dari Mpok Nina Anjania Amban lalu dilanjutkan dengan workshop pembuatan telepon kaleng, kemudian dianjutkan kembali dengan ice breaking untuk memecahkan keceriaan anak anak. Kemudian untuk mempermudah anak anak untuk bermain kami membagi mereka dalam 2 kelompok besar yang dibedakan dalam kategori kelas 1-3 yang memainkan permainan engrang batok, engklek, . Kelas 4-6 diberi kesempatan untuk bermain bentengan, galasin dan bakiak.

Setiap permainan yang mereka mainkan memiliki makna masing masing berdasarkan filosofi permainannya tersendiri. Seperti keseimbangan, kejujuran, sportifitas, dan teamwork. Terlihat sekali antusias anak anak tersebut untuk memainkan permainan yang “baru” mereka mainkan bahkan mungkin ada beberapa yang baru mereka kenal.

Pada akhir kegiatan disuguhkan satu pengenalan kembali permainan gasing mulai dari gasing yang terbuat dari batang kayu, bambu dan buah nyamplung. Kemudian dilanjutkan dengan kegiata pertunjukan atraksi gasing yang dimainkan oleh Kakak Khopidial Ansory. Semua anak yang menyaksikan atraksi gasing terlihat sangat antusias untuk memainkannya, namun sayangnya gasing yang dimainkan untuk pertunjukan tersebut hanya bisa dimainkan oleh orang orang yang terlatih.

Kemudian acara diakhiri dengan komitmen anak kelas 6 untuk bermain permainan tradisional yang telah diajarkan pada setiap hari Kamis sepulang sekolah. Dan disetujui oleh seluruh murid yang hadir. Lalu acara berakhir dengan pemberian bingkisan dari kami untuk perwakilan SDIT Miftahul Dinniyah dan dilanjutkan dengan foto bersama seluruh murid dan guru guru.

Adapun di bawah ini beberapa dokumentasi dari kegiatan Sosma Educative and Development Activity (SEPEDA) part 1 :



 (Pembukaan materi dari Mpok Nina Anjania Amban)

 (Belajar memainkan gasing)

(MC kece kita, Kak Putri dan Bang Farid Al-amin)

(Workshop pembuatan salah satu permainan tradisional yaitu telepon kaleng)

(Mempraktikkan salah satu permainan tradisional yaitu gasing)

(Para siswa bermain permainan tradisional Galasin)

(penyerahan goodie bag kepada perwakilan dari SDIT Miftahul Dinniyah)

(sesi photo bersama dengan siswa SDIT Miftahul Dinniyah)







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Motivasi Hebat "Kentang Busuk"

KISAH MOTIVASI HIDUP “KENTANG BUSUK” Pagi hari di sebuah sekolah, seorang guru mengajarkan sesuatu pada murid-muridnya. Beliau meminta agar para murid membawa sebuah kantong plastik besar dan mengisinya dengan kentang. Kentang-kentang itu mewakili setiap orang yang pernah menyakiti hati mereka dan belum dimaafkan. Setiap kentang yang dibawa, dituliskan sebuah nama orang yang pernah menyakiti hati murid-murid itu. 

SIMPUL " HAL MENDASAR UNTUK KESELAMATAN YANG BESAR "

Hi Guys..!!! Sahabat Elang... Selamat datang kembali di blog ukm SOSMA.. Kali ini elang mau ngebahas tentang Simpul dasar yang sering banget digunain buat aktifitas outdoor di alam bebas... nah sebelumnya, simpul itu apa sih? terus gunanya buat apa? yuk kita bahas satu persatu... A. Pengertian Simpul Simpul adalah hubungan 1 atau 2 tali yang dianyam sedemikian rupa sehingga sesuai dengan fungsi yang diharapkan, ada juga bisa diartikan seperti ini, Ikatan pada tali atau tambang yang dibuat dengan sengaja untuk keperluan tertentu..

Hymne & Mars STP SAHID

HYMNE STP SAHID BERSATU DALAM CITA BERHIMPUN BERSAMA DIBAWAH PANJI SAKTI ALMAMATERKU... KU BHAKTI KAN DHARMAKU  PADA INDONESIA... TURUT ABDIKAN JASA MEMBANGUN BANGSA ALMAMATERKU YANG TERCINTA TETAPLAH ABADI BERKAHI LAH YAA TUHAN STP SAHID JAYA..!!!! MARS STP SAHID SEJALAN RODA PEMBANGUNAN DIBIDANG PARIWISATA DI STP SAHID KITA BELAJAR BERSAMA DENGAN ILMU, AMAL, DAN SHOLEH MARILAH KITA BERSAMA MENJUNJUNG HARKAT MARTABAT BANGSA DAN NEGARA TAAT DIDALAM IBADAH KEPADA YANG ESA GALAKAN PARIWISATA KE MANCANEGARA MAJU TERUS PANTANG MUNDUR LANGKAH LURUS TERATUR GAPAI CITA-CITA SETINGGI ANGKASA JANGAN MALAS, JANGAN TUNDA BUANG WAKTU PERCUMA MASA DEPAN JAYA STP SAHID JAYA..!!!

Kisah Motivasi Hebat "Kopi, telur dan Wortel"

KISAH MOTIVASI HIDUP   “WORTEL, TELUR DAN KOPI” Seorang anak mengeluh pada ibunya mengenai kehidupannya dan menanyakan mengapa hidup ini terasa begitu berat baginya. Ia tidak tahu bagaimana menghadapinya dan hampir menyerah. Ia sudah lelah untuk berjuang. Sepertinya setiap kali satu masalah selesai, timbul masalah baru.

Kampus Dengan Jurusan Pariwisata Dan Perhotelan Unggulan Di Indonesia

Sebentar lagi tahun tahun ajaran baru akan dimulai. Anak kelas XII tentunya sudah memilih selanjutnya akan kuliah dimana. tetapi mungkin masih ada juga yang bingung akan kuliah dimana. Banyak banget pilihannya, mau Ekonomi, Sastra, Teknik, Psikologi, atau mungkin Pariwisata. Nah, salah satu jurusan yang sedang menjadi favorit beberapa tahun terakhir ini adalah pariwisata dan perhotelan. Terlihat dari permintaan lulusannya yang tinggi, efek dari berkembangnya pariwisata dan perhotelan di Indonesia bahkan dunia ini. Kali ini kita akan kasih kamu referensi perguruan tinggi yang memiliki jurusan pariwisata dan perhotelan terfavorit di Indonesia yang mungkin bisa kamu pilih. Selamat memilih dan akhirnya menggalau. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Alamat: JL. DR. Setiabudhi 186 Bandung 40141 Tlp. 022.2011456 | Fax. 022.2012097 email : ppmb@stp-bandung.ac.id Website:  http://pmb.stp-bandung.ac.id Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali. Alamat: Jl. Darmawangsa, Ka

Syukuran 13th SOLIDARITAS SOSIAL MAHASISWA

SELAMAT PAGI...!!! TEMAN-TEMAN PEMBACA SETIA BLOG UKM SOSMA.. AWALI HARI ANDA DENGAN TETAP SEMANGAT DAN TERUS BERFIKIR POSITIF.... YUK SEBELUM MEMBACA ADA BAIKNYA KITA BERDO'A AGAR APA YANG KITA BACA BISA BERSINERGI BAIK DENGAN VISUAL, AUDITORY, DAN KINESTETIK ANDA... BERDO'A DIMULAI.... ***** BERDO'A SELESAI... Teman-teman sekalian 12 Tahun sudah, SOSMA menapaki kerasnya jalan bebatuan, 12 Tahun sudah SOSMA mengarungi ganasnya lautan. Halangan, rintangan, dan masalah pun selalu ada dan menghantui organisasi ini, tetapi dibalik itu semua, apa saja yang menghalangi organisasi ini, tidak dapat mengalahkan rasa cinta dan kasih sayang serta persaudaraan dari keluarga SOSMA.