Langsung ke konten utama

SOSMA EDUCATIVE AND DEVELOPMENT ACTIVITY PART 2 - "AYO DOLANAN"

Jakarta, 11 November 2017

Dalam rangka melanjutkan program kerja yang sudah di jalankan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Solidaritas Sosial Mahasiswa (UKM SOSMA) untuk memperkenalkan permainan-permainan tradisional yang ada di Indonesia, kali ini SOSMA kembali mendatangi  salah satu Sekolah Dasar untuk di jadikan tempat berbagi pengetahuan dan keseruan dalam memainkan permainan tradisional.



Dengan mengusung tema “Ayo Dolanan”, yang berarti SOSMA mengajak seluruh masyarakat pada umumnya dan kalangan anak-anak pada khususnya untuk kembali memainkan permainan-permainan yang sudah sangat sulit ditemukan pada zaman sekarang ini.

SDN Pondok Cabe Udik 02 menjadi tempat kedua Program Sosma Educative and Development Activity atau yang biasa disebut dengan SEPEDA ini diselenggarakan, dengan tujuan agar anak-anak yang lahir di zaman tekhnologi canggih ini juga bisa merasakan keceriaan dalam memainkan permainan zaman dulu.

Pada pembukaan acara Bapak Drs.H.Ajum selaku kepala sekolah membuka acara dengan sambutan dan dilanjutkan dengan memainkan gasing sebagai pertanda bahwa acara SEPEDA dimulai.

Sambutan dari Kepala Sekolah SDN Pondok Cabe Udik 02

Memutar gasing sebagai pertanda acara SEPEDA dimulai

Salah satu rangkaian dari acara SEPEDA kali ini adalah memberikan workshop kepada para siswa tentang salah satu permainan tradisional yaitu telepon kaleng.

Workshop pembuatan telepon kaleng

 Antusiasme para siswa terlihat sangat ramai, karena penasaran dengan cara menggunakan sebuah telepon yang terbuat dari kaleng dan sehelai tali untuk dijadikan penyambung antara kaleng yang satu dengan yang lainnya. Selain itu, pada acara kali ini juga kami memperkenalkan 5 macam permainan tradisional lainnya, diantaranya adalah : Galasin, Ular naga, Bakiak, Gasing dan Engklek.

Permainan Engklek

Permainan Bakiak

Keseruan permainan Ular naga

Permainan Gasing

Keseruan permainan Galasin


Selain untuk mengedukasi, program SEPEDA ini juga di jadikan sebagai salah satu bentuk pengabdian SOSMA terhadap masyarakat untuk mensosialisasikan permainan-permainan yang sudah tersisihkan oleh tekhnologi yang sudah jauh lebih canggih seperti sekarang ini. Karena tanpa disadari budaya yang serba instan seperti sekarang ini membuat kreativitas anak-anak menjadi kurang berkembang. Padahal, dalam sebuah permainan tradisional terkandung semangat kebersamaan, keseruan cara bermain sehingga menuntut anak-anak berani untuk bergaul dengan sekitarnya.

Pada akhir kegiatan disuguhkan satu pengenalan kembali permainan gasing mulai dari gasing yang terbuat dari kayu, bambu dan buah nyamplung. kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pertunjukan atraksi gasing yang dimainkan oleh kakak Khopidial Ansori. 


Atraksi gasing oleh Kakak Khopidial Ansori




setelah seluruh rangkaian acara selesai, seluruh Anggota SOSMA yang bertugas mengadakan sesi photo bersama di lanjutkan dengan pemberian goodie bag oleh Kakak Lusiana selaku Ketua Umum UKM SOSMA untuk Bapak Kepala Sekolah.


 
Photo bersama para siswa SDN Pondok Cabe 02

Photo bersama para guru

Panitia SEPEDA part 2

Pemberian goodie bag kepada perwakilan sekolah oleh  Lusiana 
selaku Ketua Umum UKM SOSMA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Motivasi Hebat "Kentang Busuk"

KISAH MOTIVASI HIDUP “KENTANG BUSUK” Pagi hari di sebuah sekolah, seorang guru mengajarkan sesuatu pada murid-muridnya. Beliau meminta agar para murid membawa sebuah kantong plastik besar dan mengisinya dengan kentang. Kentang-kentang itu mewakili setiap orang yang pernah menyakiti hati mereka dan belum dimaafkan. Setiap kentang yang dibawa, dituliskan sebuah nama orang yang pernah menyakiti hati murid-murid itu. 

SIMPUL " HAL MENDASAR UNTUK KESELAMATAN YANG BESAR "

Hi Guys..!!! Sahabat Elang... Selamat datang kembali di blog ukm SOSMA.. Kali ini elang mau ngebahas tentang Simpul dasar yang sering banget digunain buat aktifitas outdoor di alam bebas... nah sebelumnya, simpul itu apa sih? terus gunanya buat apa? yuk kita bahas satu persatu... A. Pengertian Simpul Simpul adalah hubungan 1 atau 2 tali yang dianyam sedemikian rupa sehingga sesuai dengan fungsi yang diharapkan, ada juga bisa diartikan seperti ini, Ikatan pada tali atau tambang yang dibuat dengan sengaja untuk keperluan tertentu..

Hymne & Mars STP SAHID

HYMNE STP SAHID BERSATU DALAM CITA BERHIMPUN BERSAMA DIBAWAH PANJI SAKTI ALMAMATERKU... KU BHAKTI KAN DHARMAKU  PADA INDONESIA... TURUT ABDIKAN JASA MEMBANGUN BANGSA ALMAMATERKU YANG TERCINTA TETAPLAH ABADI BERKAHI LAH YAA TUHAN STP SAHID JAYA..!!!! MARS STP SAHID SEJALAN RODA PEMBANGUNAN DIBIDANG PARIWISATA DI STP SAHID KITA BELAJAR BERSAMA DENGAN ILMU, AMAL, DAN SHOLEH MARILAH KITA BERSAMA MENJUNJUNG HARKAT MARTABAT BANGSA DAN NEGARA TAAT DIDALAM IBADAH KEPADA YANG ESA GALAKAN PARIWISATA KE MANCANEGARA MAJU TERUS PANTANG MUNDUR LANGKAH LURUS TERATUR GAPAI CITA-CITA SETINGGI ANGKASA JANGAN MALAS, JANGAN TUNDA BUANG WAKTU PERCUMA MASA DEPAN JAYA STP SAHID JAYA..!!!

Kisah Motivasi Hebat "Kopi, telur dan Wortel"

KISAH MOTIVASI HIDUP   “WORTEL, TELUR DAN KOPI” Seorang anak mengeluh pada ibunya mengenai kehidupannya dan menanyakan mengapa hidup ini terasa begitu berat baginya. Ia tidak tahu bagaimana menghadapinya dan hampir menyerah. Ia sudah lelah untuk berjuang. Sepertinya setiap kali satu masalah selesai, timbul masalah baru.

Kampus Dengan Jurusan Pariwisata Dan Perhotelan Unggulan Di Indonesia

Sebentar lagi tahun tahun ajaran baru akan dimulai. Anak kelas XII tentunya sudah memilih selanjutnya akan kuliah dimana. tetapi mungkin masih ada juga yang bingung akan kuliah dimana. Banyak banget pilihannya, mau Ekonomi, Sastra, Teknik, Psikologi, atau mungkin Pariwisata. Nah, salah satu jurusan yang sedang menjadi favorit beberapa tahun terakhir ini adalah pariwisata dan perhotelan. Terlihat dari permintaan lulusannya yang tinggi, efek dari berkembangnya pariwisata dan perhotelan di Indonesia bahkan dunia ini. Kali ini kita akan kasih kamu referensi perguruan tinggi yang memiliki jurusan pariwisata dan perhotelan terfavorit di Indonesia yang mungkin bisa kamu pilih. Selamat memilih dan akhirnya menggalau. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Alamat: JL. DR. Setiabudhi 186 Bandung 40141 Tlp. 022.2011456 | Fax. 022.2012097 email : ppmb@stp-bandung.ac.id Website:  http://pmb.stp-bandung.ac.id Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali. Alamat: Jl. Darmawangsa, Ka

Syukuran 13th SOLIDARITAS SOSIAL MAHASISWA

SELAMAT PAGI...!!! TEMAN-TEMAN PEMBACA SETIA BLOG UKM SOSMA.. AWALI HARI ANDA DENGAN TETAP SEMANGAT DAN TERUS BERFIKIR POSITIF.... YUK SEBELUM MEMBACA ADA BAIKNYA KITA BERDO'A AGAR APA YANG KITA BACA BISA BERSINERGI BAIK DENGAN VISUAL, AUDITORY, DAN KINESTETIK ANDA... BERDO'A DIMULAI.... ***** BERDO'A SELESAI... Teman-teman sekalian 12 Tahun sudah, SOSMA menapaki kerasnya jalan bebatuan, 12 Tahun sudah SOSMA mengarungi ganasnya lautan. Halangan, rintangan, dan masalah pun selalu ada dan menghantui organisasi ini, tetapi dibalik itu semua, apa saja yang menghalangi organisasi ini, tidak dapat mengalahkan rasa cinta dan kasih sayang serta persaudaraan dari keluarga SOSMA.