Langsung ke konten utama

SIMPUL " HAL MENDASAR UNTUK KESELAMATAN YANG BESAR "

Hi Guys..!!! Sahabat Elang...

Selamat datang kembali di blog ukm SOSMA..




Kali ini elang mau ngebahas tentang Simpul dasar yang sering banget digunain buat aktifitas outdoor di alam bebas...
nah sebelumnya, simpul itu apa sih? terus gunanya buat apa?
yuk kita bahas satu persatu...

A. Pengertian Simpul

Simpul adalah hubungan 1 atau 2 tali yang dianyam sedemikian rupa sehingga sesuai dengan fungsi yang diharapkan,
ada juga bisa diartikan seperti ini,
Ikatan pada tali atau tambang yang dibuat dengan sengaja untuk keperluan tertentu..

Banyak banget nih temen-temen, yang seringkali mencampur adukkan pengertian antara tali, simpul dan ikatan. Padahal ketiga unsur itu sama sekali berbeda...

selanjutnya kita bahas tentang fungsi simpul...
 

B. Fungsi Simpul

  1. Untuk mengikat tiang
  2. Untuk menyambung 2 utas tali yang sama besar dan tidak licin
  3. Untuk mengikat tali pada tiang/kayu
  4. Untuk membuat tanduk darurat atau mengikat ember/timba
  5. Untuk turun kejurang atau dari atas pohon
  6. Untuk mengikat leher binatang
  7. Untuk menyambung 2 utas tali yang tidak sama besarnya dan dalam keadaan kering
  8. Untuk menyambung dua utas tali yang ukurannya tidak sama besar yang basah dan atau tidak licin
  9. Untuk memendekkan tali agar tali pintalan pada ujung tali tidak mudah lepas.
  10. Untuk mengikat benda hidup/leher binatang agar yang diikat tidak terjerat, dan untuk menambatkan tali pengikat binatang pada pohon agar binatang itu dapat bergerak bebas
  11. Untuk menyambung 2 utas tali yang sama besarnya dan dalam keadaan licin dan basah
  12. Untuk memendekkan tali tanpa pemotongan
  13. Untuk memulai ikatan dan digunakan untuk menyeret balok
  14. Untuk menarik benda yang cukup besar
  15. Untuk diikatkan pada tali penarik agar orang lain dapat membantu menarik
  16. Untuk mengangkat atau menurunkan benda atau orang pingsan
  17. Untuk menghindari lepasnya ujung atau ekor tali dari ikatan yang berbentuk lingkaran pada tali tersebut
  18. Untuk memanjat tali
  19. Untuk mengangkat atau menurunkan benda/manusia
  20. Untuk membuat tangga tali
  21. Sebagai pengunci simpul-simpul lain
  22. Menghentikan geseran pada tali
  23. Membuat loop untuk anchor
  24. Untuk mengikat harness
  25. Untuk mengikat sesuatu tetapi tidak menjerat
  26. Untuk penambat sesuatu (misal, mengikat leher binatang)
  27. Untuk menyambung dua buah tali
  28. Untuk mengikat dua ujung tali ukuran atau jenisnya berbeda, misalnya untuk mengikat ujung tali webbing dengan ujung tali kernmantle atau prussik
  29. Untuk ascending (prussiking)
  30. Sebagai pengaman tambahan untuk rappelling
  31. Untuk mengikat tali webbing
  32. Untuk menyambung dua buah ujung tali webbing baik untuk membuat loop maupun menambah panjang webbing. Simpul ini juga biasa di gunakan untuk membuat sling
  33. Untuk mengikat harness ke anchor atau mengikat tali pada pohon
  34. Untuk belay atau rappelling bila tidak ada alat rappelling(figure of eight, grigri)
  35. Untuk menyangkutkan tali prussik atau webbing  sebagai pengaman ke dalam celah-celah tebing
  36. Untuk menambatkan tali ke tonjolan tebing sebagai pengaman dan pengganti anchor pada dinding tebing

Nah Sahabat elang..!! udah tau kan sekarang gunanya simpul itu untuk apa, kesemuanya itu intinya sama, yaitu digunakan untuk melakukan hal yang bermanfaat dan menjadi penolong untuk diri kita dan orang lain disaat kita sedang berada di alam bebas..

Sebagai insan manusia yang suka berpetualang di alam bebas, kita harus mengerti betul tentang penggunaan simpul dan cara pembuatannya, nah makanya tuh untuk belajar simpul waktunya ga mungkin sebentar, dibutuhin waktu yang cukup lama untuk mempelajarinya, agar pas kita terjun langsung di alam bebas dan suatu ketika ada keadaan darurat kita bisa langsung tanggap...

Guuuys...!!! 
Sekarang kita belajar yuk, simpul-simpul dasar yang biasa digunain di alam bebas....

C. Macam - Macam Simpul dan Kegunaannya

1. Simpul Dasar

Simpul ini adalah simpul yang paling mendasar atau bisa dibilang ini adalah basic untuk membuat simpul-simpul lainnya..





2. Simpul Pita dan Double Pita ( Water Knot )

Yang ini digunakan untuk menyambung webbing atau pita







3. Simpul Jangkar





 
4. Simpul Double Jangkar



Nah kalo 2 simpul yang diatas itu biasanya juga disebut Girth Hitch, fungsinya untuk membuat tandu darurat, terus untuk bikin tamabatan di anchor. Biasanya juga siih, simpul Girth Hitch itu digunain buat ngiket jangkar pada kapal laut, makanya nama terkenalnya Simpul Jangkar..


5. Simpul Delapan ( Figure of Eight Knot )



Biasanya simpul ini digunakan pada ujung tali, contoh penggunannya untuk menghubungkan tali pada sabuk pengaman yang terpasang pada tubuh pemanjat ( Harness ). Cara pembuatan simpul 8 ini dengan menggandakan tali utama, Digunakan hanya carabiner,kalo untuk anchirnya dibuat pake cara threaded system..


6. Simpul 9 ( Figure of Nine knot )





Penggunaan Simpul sembilan diatas yaitu pada talitengah untuk penambatan pada pengaman yang tersedia, simpul sembilan ini sangat kuat, tapi biasanya jarang dipake, Kenapa? karena Kalo udah dikasih beban yang terlalu berat, susah untuk dibukanya...


7. Simpul Fisherman

 


Untuk fisherman, ada 2 adayang Single fisherman ada yang double fisherman, cara pembuatan single fisherman ada digambal yang sebelah kiri nomer 1 - 3, kalau mau membuat double fisherman, tinggal tambahin simpul disatu sisinya lagi terus ditarik dikedua sisinya sampai keduanya ketemu, bisa dilihat di gambar sebelah kiri nomer 4 - 7, atau digambar sebelah kanan.. 
Sahabat Elang..!!! fungsinya Simpul Fisherman ini untuk nyambungin 2 tali dan membuat sling dari kernmantle atau prussik



8. Simpul Kambing ( Bowline )
 


Lucu yaa namanya, hehehe... :D
Yaa itu dinamain kaya gitu karena emang biasanya dibuat untuk ngejebak kaki kambing ataupun sapi pas mau dipotong biar si bintanag jatuh, nah tapi simpul kambing yangdisini bukan untuk itu, kalo dialam bebas penggunaannya yaitu untuk ngiket tali pada harness, biasanya digunain di ujung tali...



9. Simpul Mati


 

 Untuk simpul mati penggunannya untuk menyambung 2 tali yang sama besar


10. Simpul Pangkal ( Clove Hitch )




Simpul Pangkal ini atau yang dikenal dengan nama lainnya dengan clove hitch, berguna untuk belayer, karena simpul ini untuk tambatan, biasanya dipake di tali tengah...


11. Simpul Kupu-kupu ( Buterfly )



Temen-temen..! kalo tadi ada simpul yang pake nama kambing, sekarag juga ada yang pake nama kupu-kupu, yaitu Buterfly Knot, kegunaanya untuk membuat simpul yang ada ditengah tali, dan simpul ini juga bisa membagi beban secara merata pada kedua ujung tali..

Oke, temen-temen Sahabat Elang, itu tadi sedikit dasar-dasar tentang Simpul, semoga bisa bermanfaat dan bisa dipelajari dan dipraktekan dengan benar, sehinga sewaktu-waktu kita sudah siap untuk menanggapi dan bergerak di keadaan darurat.... :)


KEEP SAFETY...!!!
SAVE OUR EARTH..!!!
AND LOVE OUR NATURE LIKE WE LOVED OURSELVES.... :)








































Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hymne & Mars STP SAHID

HYMNE STP SAHID
BERSATU DALAM CITA BERHIMPUN BERSAMA DIBAWAH PANJI SAKTI ALMAMATERKU...
KU BHAKTI KAN DHARMAKU  PADA INDONESIA... TURUT ABDIKAN JASA MEMBANGUN BANGSA
ALMAMATERKU YANG TERCINTA TETAPLAH ABADI
BERKAHI LAH YAA TUHAN STP SAHID JAYA..!!!!

MARS STP SAHID
SEJALAN RODA PEMBANGUNAN DIBIDANG PARIWISATA DI STP SAHID KITA BELAJAR BERSAMA
DENGAN ILMU, AMAL, DAN SHOLEH MARILAH KITA BERSAMA MENJUNJUNG HARKAT MARTABAT BANGSA DAN NEGARA
TAAT DIDALAM IBADAH KEPADA YANG ESA GALAKAN PARIWISATA KE MANCANEGARA
MAJU TERUS PANTANG MUNDUR LANGKAH LURUS TERATUR GAPAI CITA-CITA SETINGGI ANGKASA JANGAN MALAS, JANGAN TUNDA BUANG WAKTU PERCUMA
MASA DEPAN JAYA STP SAHID JAYA..!!!

Kisah Motivasi Hebat "Kentang Busuk"

KISAH MOTIVASI HIDUP “KENTANG BUSUK”

Pagi hari di sebuah sekolah, seorang guru mengajarkan sesuatu pada murid-muridnya. Beliau meminta agar para murid membawa sebuah kantong plastik besar dan mengisinya dengan kentang. Kentang-kentang itu mewakili setiap orang yang pernah menyakiti hati mereka dan belum dimaafkan. Setiap kentang yang dibawa, dituliskan sebuah nama orang yang pernah menyakiti hati murid-murid itu. 

Kampus Dengan Jurusan Pariwisata Dan Perhotelan Unggulan Di Indonesia

Sebentar lagi tahun tahun ajaran baru akan dimulai. Anak kelas XII tentunya sudah memilih selanjutnya akan kuliah dimana. tetapi mungkin masih ada juga yang bingung akan kuliah dimana.

Banyak banget pilihannya, mau Ekonomi, Sastra, Teknik, Psikologi, atau mungkin Pariwisata. Nah, salah satu jurusan yang sedang menjadi favorit beberapa tahun terakhir ini adalah pariwisata dan perhotelan. Terlihat dari permintaan lulusannya yang tinggi, efek dari berkembangnya pariwisata dan perhotelan di Indonesia bahkan dunia ini.

Kali ini kita akan kasih kamu referensi perguruan tinggi yang memiliki jurusan pariwisata dan perhotelan terfavorit di Indonesia yang mungkin bisa kamu pilih. Selamat memilih dan akhirnya menggalau.
Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Alamat: JL. DR. Setiabudhi 186 Bandung 40141
Tlp. 022.2011456 | Fax. 022.2012097
email : ppmb@stp-bandung.ac.id
Website: http://pmb.stp-bandung.ac.id Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali. Alamat: Jl. Darmawangsa, Kampial, Nusa Dua –…