Langsung ke konten utama

SOSMA EDUCATION AND TRAVELLER PART 4 : PESONA KEKAYAAN TAMAN NASIONAL MERU BETIRI DAN BALURAN


                                                                                                                        

Taman Nasional  merupakan suatu kawasan yang dikelola oleh pemerintah sebagai kawasan perlindungan alam atau yang lebih dikenal dengan kawasan konservasi. Di Indonesia sendiri memiliki kurang lebih 53 Taman Nasional, diantaranya adalah Taman Nasional Meru Betiri dan Baluran. Kedua Taman Nasional ini adalah kekayaan dari ujung Timur Pulau Jawa tepatnya di daerah Banyuwangi dan Situbondo. Nama dari Taman Nasional Meru Betiri sendiri diambil dari nama  gunung tertinggi yang terdapat di dalamnya, yaitu Gunung Meru yang memiliki ketinggian 500 mdpl dan Gunung Betiri 1.223 m. Begitu juga dengan Taman Nasional Baluran, diambil dari nama Gunung yang terdapat di dalam Taman Nasional ini yaitu Gunung Baluran.

Dalam rangka melanjutkan program SOSMA EDUCATION AND TRAVELLER (SENTER) yang ke-4, perjalanan kali ini Anggota SOSMA yang bekerjasama dengan Bumi Edukasi menjelajah Taman Nasional demi menggali kekayaan alam yang berbeda dari masing-masing Taman Nasional, bukan hanya itu namun juga bertujuan untuk bersosialisasi kepada masyarakat yang ada di sekitar kawasan Taman Nasional terutama dengan anak-anak, agar mereka menyadari tentang pentingnya menjaga kekayaan alam yang mereka miliki, dan disampinitu juga mereka adalah generasi penerus yang akan melindungi rumah tinggal yang sekarang sedang dan akan terus mereka tempati yaitu Taman Nasional.

1. TAMAN NASIONAL MERU BETIRI



Kegiatan yang kami lakukan saat berkunjung di kawasan Taman Nasional Meru Betiri antara lainnya adalah mengunjungi salah satu sekolah dasar yang ada di lingkungan Taman Nasional untuk berbagi ilmu mengenai pentingngnya mengenal dan menjaga rumah mereka yaitu Taman Nasional, selain itu dihari ke-2 kami dan siswa-siswa sekolah dasar mengunjungi salah satu destinasi wisata yang terbilang cukup dikenal di Taman Nasional meru betiri yaitu Teluk Ijo. 





Teluk Ijo memiliki keunikan tersendiri bagi para pengunjung yang datang salah satunya adalah air terjun musiman. Di teluk Ijo kami melakukan tehnik belajar sambil bermain kepada siswa-siswa sekolah dasar yang kami ajak, dan antusiasme mereka sangat tinggi. setelah kegiatan belajar sambil bermain selesai para siswa mendapatkan bonus melepaskan tukik yang dilakukan di hamparan luasnya laut teluk Ijo.


Setelah kegiatan sosialisasi kepada para siswa sekolah dasar, para Anggota SOSMA dan team bumi edukasi melanjutkan perjalanan menuju Desa Sukamade. Desa Sukamade adalah salah satu desa yang banyak juga dikenal karena menyimpan kekayaan berupa kurang lebih 4 spesies penyu yang secara rutin naik untuk bertelur di Pantai Sukamade. Tapi sejauh ini yang paling mendominasi adalah Penyu Hijau. sayangnya, kami tidak bisa melihat penyu bertelur waktu itu, hanya saja dia naik untuk berorientasi lalu kembali menuju lautan. lalu kegiatan ini diakhiri dengan pelepasan kurang lebih 20 tukik di Pantai Sukamade.








2. TAMAN NASIONAL BALURAN




Setelah penjelajahan di Taman Nasional Meru Betiri selesai, esok hari kami melanjutkan perjalanan menuju Taman Nasional Baluran yang terletak di daerah Situbondo, Jawa Timur. menempuh jarak sekitar 8 jam dari Taman Nasional meru betiri. berbeda halnya dengan Taman Nasional meru betiri, Taman Nasional Baluran adalah salah satu Taman Nasional yang sudah di kenal luas oleh masyarakat. Kegiatan yang kami lakukan di Taman Nasional Baluran hampir sama dengan sebelumnya yaitu mengunjungi salah satu sekolah sebagai tempat untuk berbagi ilmu dengan para siswanya. dan kali ini seluruh team mengunjungi salah satu SMA yang terletak di kawasan Taman Nasional Baluran. setelah melakukan sosialisasi dan mengenalkan mereka tentang kekayaan yang dimiliki di dalam rumah mereka, keesokan harinya team bersama dengan beberapa orang perwakilan dari siswa SMA mulai memasuki wilayah Taman Nasional yang terkenal juga dengan julukan "Africa Van Java". sedikit berbeda dengan hawa di Taman Nasional sebelumnya, meskipun sedang di musim hujan, hawa di Taman Nasional Baluran ini tetap saja panas.







konsep yang sama kami usung kepada para siswa SMA yaitu belajar sambil bermain, di sela-sela kegiatan para siswa juga melakukan bird watching dengan binokuler. setelah menempuh waktu 1 jam dengan berjalan kaki, kami dan para siswa sampai di Pantai Bama. salah satu destinasi yang tak pernah terlewatkan oleh para pengunjung Taman Nasional Baluran. Pantai Bama dengan hamparan tanaman bakau menjadikan tempat ini adalah salah satu favorit bagi para pengunjung.

kegiatan ini berakhir dengan presentasi yang dilakukan oleh para siswa tentang apa saja yang dapat mereka pelajari selama perjalanan menyusuri rumah mereka yaitu Taman Nasional Baluran dan menjelaskan harapan-harapan mereka untuk Taman Nasional Baluran.

Selamat membaca :)
Tunggu program SOSMA EDUCATION AND TRAVELLER selanjutnya ya!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Motivasi Hebat "Kentang Busuk"

KISAH MOTIVASI HIDUP “KENTANG BUSUK” Pagi hari di sebuah sekolah, seorang guru mengajarkan sesuatu pada murid-muridnya. Beliau meminta agar para murid membawa sebuah kantong plastik besar dan mengisinya dengan kentang. Kentang-kentang itu mewakili setiap orang yang pernah menyakiti hati mereka dan belum dimaafkan. Setiap kentang yang dibawa, dituliskan sebuah nama orang yang pernah menyakiti hati murid-murid itu. 

SIMPUL " HAL MENDASAR UNTUK KESELAMATAN YANG BESAR "

Hi Guys..!!! Sahabat Elang... Selamat datang kembali di blog ukm SOSMA.. Kali ini elang mau ngebahas tentang Simpul dasar yang sering banget digunain buat aktifitas outdoor di alam bebas... nah sebelumnya, simpul itu apa sih? terus gunanya buat apa? yuk kita bahas satu persatu... A. Pengertian Simpul Simpul adalah hubungan 1 atau 2 tali yang dianyam sedemikian rupa sehingga sesuai dengan fungsi yang diharapkan, ada juga bisa diartikan seperti ini, Ikatan pada tali atau tambang yang dibuat dengan sengaja untuk keperluan tertentu..

Hymne & Mars STP SAHID

HYMNE STP SAHID BERSATU DALAM CITA BERHIMPUN BERSAMA DIBAWAH PANJI SAKTI ALMAMATERKU... KU BHAKTI KAN DHARMAKU  PADA INDONESIA... TURUT ABDIKAN JASA MEMBANGUN BANGSA ALMAMATERKU YANG TERCINTA TETAPLAH ABADI BERKAHI LAH YAA TUHAN STP SAHID JAYA..!!!! MARS STP SAHID SEJALAN RODA PEMBANGUNAN DIBIDANG PARIWISATA DI STP SAHID KITA BELAJAR BERSAMA DENGAN ILMU, AMAL, DAN SHOLEH MARILAH KITA BERSAMA MENJUNJUNG HARKAT MARTABAT BANGSA DAN NEGARA TAAT DIDALAM IBADAH KEPADA YANG ESA GALAKAN PARIWISATA KE MANCANEGARA MAJU TERUS PANTANG MUNDUR LANGKAH LURUS TERATUR GAPAI CITA-CITA SETINGGI ANGKASA JANGAN MALAS, JANGAN TUNDA BUANG WAKTU PERCUMA MASA DEPAN JAYA STP SAHID JAYA..!!!

Kisah Motivasi Hebat "Kopi, telur dan Wortel"

KISAH MOTIVASI HIDUP   “WORTEL, TELUR DAN KOPI” Seorang anak mengeluh pada ibunya mengenai kehidupannya dan menanyakan mengapa hidup ini terasa begitu berat baginya. Ia tidak tahu bagaimana menghadapinya dan hampir menyerah. Ia sudah lelah untuk berjuang. Sepertinya setiap kali satu masalah selesai, timbul masalah baru.

Ekspedisi Merah Putih 800m

Jakarta , 30 Oktober 2011        Unit Kegiatan Mahasiswa STP Sahid Pondok Cabe yaitu Solidaritas Sosial Mahasiswa (SOSMA) dan Wakaspala mengikuti kegiatan Ekspedisi Merah Putih pengibaran Bendera Merah Mutih seluas 800m di puncak Gunung Gede 2958 Mdpl diikuti oleh beberapa anggota yaitu Rizki Ramdhani (Bdull) , Hendri Juslim , Abdur Rachman Rizal (Ichank) , Mirfa Yun Huda (Ichank) , Wildan Baihaqi , Neti Ellina (Mput) , Taufik , Barunajif (Aji) , Tezar Mega Nugroho , Muhammad Ibrahim ( Ba’im) , Raiyan Adam , Donny Pratama. Start Point untuk acara pengibaran ini di

Sukamdani Sahid Gitosardjono : Anak Tukang Jahit Yang Menjadi Pengusaha Sukses

Sukamdani Sahid Gitosardjono , ketika mendengar nama ini orang awam pasti bertanya-tanya karena nama ini begitu asing di telinga kita. Namun jika kita mendengar Hotel Sahid mungkin sebagian dari kita akan tahu hotel itu karena hotel itu adalah salah satu hotel terbesar di Indonesia. Ternyata di balik berdirinya Hotel Sahid ada nama Sukamdani Sahid Gitosardjono. Jaringan Hotel Sahid merupakan salah satu jaringan hotel terbesar di Indonesia yang bernaung dibawah Sahid Group yang membawahi beberapa bisnis. Pendirian Sahid Group mulai dirintis pada tahun 1953. Selain Jaringan Hotel Sahid beliau juga pemilik dari Hotel Sahid Jaya International.