Langsung ke konten utama

SOSMA EDUCATION AND TRAVELER (SENTER) PART 2 : "SUSTAINABLE TOURISM DESA KASEPUHAN CIPTA GELAR,SUKABUMI-JAWA BARAT"


Sukabumi,17-20 Mei 2017


Kampung adat yang mempunyai ciri khas, tidak hanya bentuk rumah tapi tradisi yang masih memegang teguh adat istiadat menjadi pilihan lokasi Unit Kegiatan Mahasiswa Solidaritas Sosial Mahasiswa  (UKM SOSMA) STP Sahid Jakarta kali ini untuk melakukan kegiatan pelatihan untuk para anggota Masa Bhakti Pertama 2016 UKM SOSMA sebagai salah satu tahapan untuk menjadi anggota penuh atau yang biasa disebut dengan Masa Bhakti Anggota.

Anggota Masa Bhakti Pertama

 Kegiatan kali ini, tidak lepas dari bimbingan seorang Anggota Kehormatan SOSMA yang biasa dipanggil Mpok Nina.


Kegiatan yang mengusung tema “Sustainable Tourism  Desa Kasepuhan Cipta Gelar” ini berlangsung selama 3 hari, dimulai dari tanggal 17-20 Mei 2017, yang bertempat di Desa Kasepuhan Cipta Gelar, Sukabumi-Jawa Barat.
Selain untuk pelatihan, kegiatan tersebut juga  di manfaatkan oleh Departemen Sosial dan Pariwisata yang ada di UKM SOSMA untuk mencari informasi tentang Desa Kasepuhan Cipta Gelar yang tentunya berhubungan dengan sosial dan pariwisata.

Kegiatan awal yang dilakukan oleh para anggota UKM SOSMA adalah melakukan briefing tentang tugas-tugas yang akan dilakukan. Salah satu bentuk kegiatan yang di lakukan oleh para anggota adalah bersosialisasi dengan warga asli Desa setempat dengan cara mengikuti aktivitas yang di lakukan oleh para warga, yakni bertani.







Sebagian besar warganya memang masih berprofesi sebagai petani dan masih memegang teguh adat serta tata cara bertani tradisional. Selain mempelajari bertani dengan cara tradisional para anggota juga mempunyai tanggung jawab untuk menyiapkan bekal untuk makan di sawah layaknya seorang anak. Selain bersosialisasi dengan cara bertani, para anggota juga mendatangi sekolah setempat untuk mendapatkan beberapa informasi.  Menurut informasi dari Kepala Sekolah SD dan SMP Setempat, minat bersekolah di desa Kasepuhan Cipta Gelar masih sangat rendah, jumlah muridnya berkisar antara 125 murid untuk SD dan 40 murid untuk SMP. Salah satu faktor rendahnya minat para anak-anak untuk bersekolah adalah karena mereka lebih memilih untuk membantu para orang tua untuk bertani. Setelah mendapatkan informasi, para anggota meminta izin untuk mengisi kelas para murid SMP, hanya untuk sekadar berkenalan dan melakukan permainan sambil belajar.







Kegiatan hari ketiga sekaligus menjadi hari terakhir para Anggota Masa Bhakti Pertama melakukan kegiatan demo masak. Pada kegiatan kali ini, mereka membuat dua macam menu yaitu Klappertart dan puding pisang. Kegiatan ini bertujuan untuk mengimplementasikan materi yang telah di dapat sebagai mahasiswa perhotelan yang sedikit banyaknya telah mendapat pengetahuan tentang memasak. Disamping itu, mereka juga di tuntut untuk melakukan public speaking di depan ibu-ibu  dan para siswi SD Desa Kasepuhan Cipta Gelar dengan cara menjelaskan bahan-bahan dan juga metode pembuatan kedua menu tersebut. Setelah selesai melakukan demo masak, para ibu-ibu dan juga siswi di persilahkan untuk mencicipi hasil masakan dari para anggota MBP.






Setelah melakukan beberapa rangkaian kegiatan, seluruh anggota UKM SOSMA selanjutnya melakukan evaluasi terhadap keseluruhan kegiatan yang telah terlaksana.

Setelah evaluasi selesai, kegiatan pelatihan pun ditutup  dengan acara sungkeman sekaligus perpisahan dengan para keluarga angkat dan setelah itu para keluarga angkat dan juga anggota MBP 2016 di persilahkan untuk menyampaikan pesan dan kesan selama kegiatan pelatihan berlangsung. Kemudian setelah perpisahan dengan orang tua angkat, seluruh anggota SOSMA menyampaikan rasa terima kasih dan meminta kepala adat untuk menyampaikan sepatah dua patah kata sebagai penutupan di malam terakhir. Keesokan harinya, seluruh kegiatan di Desa Cipta Gelar ditutup dengan apel, dilanjutkan dengan perjalanan pulang menuju Jakarta.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Motivasi Hebat "Kentang Busuk"

KISAH MOTIVASI HIDUP “KENTANG BUSUK” Pagi hari di sebuah sekolah, seorang guru mengajarkan sesuatu pada murid-muridnya. Beliau meminta agar para murid membawa sebuah kantong plastik besar dan mengisinya dengan kentang. Kentang-kentang itu mewakili setiap orang yang pernah menyakiti hati mereka dan belum dimaafkan. Setiap kentang yang dibawa, dituliskan sebuah nama orang yang pernah menyakiti hati murid-murid itu. 

SIMPUL " HAL MENDASAR UNTUK KESELAMATAN YANG BESAR "

Hi Guys..!!! Sahabat Elang... Selamat datang kembali di blog ukm SOSMA.. Kali ini elang mau ngebahas tentang Simpul dasar yang sering banget digunain buat aktifitas outdoor di alam bebas... nah sebelumnya, simpul itu apa sih? terus gunanya buat apa? yuk kita bahas satu persatu... A. Pengertian Simpul Simpul adalah hubungan 1 atau 2 tali yang dianyam sedemikian rupa sehingga sesuai dengan fungsi yang diharapkan, ada juga bisa diartikan seperti ini, Ikatan pada tali atau tambang yang dibuat dengan sengaja untuk keperluan tertentu..

Hymne & Mars STP SAHID

HYMNE STP SAHID BERSATU DALAM CITA BERHIMPUN BERSAMA DIBAWAH PANJI SAKTI ALMAMATERKU... KU BHAKTI KAN DHARMAKU  PADA INDONESIA... TURUT ABDIKAN JASA MEMBANGUN BANGSA ALMAMATERKU YANG TERCINTA TETAPLAH ABADI BERKAHI LAH YAA TUHAN STP SAHID JAYA..!!!! MARS STP SAHID SEJALAN RODA PEMBANGUNAN DIBIDANG PARIWISATA DI STP SAHID KITA BELAJAR BERSAMA DENGAN ILMU, AMAL, DAN SHOLEH MARILAH KITA BERSAMA MENJUNJUNG HARKAT MARTABAT BANGSA DAN NEGARA TAAT DIDALAM IBADAH KEPADA YANG ESA GALAKAN PARIWISATA KE MANCANEGARA MAJU TERUS PANTANG MUNDUR LANGKAH LURUS TERATUR GAPAI CITA-CITA SETINGGI ANGKASA JANGAN MALAS, JANGAN TUNDA BUANG WAKTU PERCUMA MASA DEPAN JAYA STP SAHID JAYA..!!!

Sukamdani Sahid Gitosardjono : Anak Tukang Jahit Yang Menjadi Pengusaha Sukses

Sukamdani Sahid Gitosardjono , ketika mendengar nama ini orang awam pasti bertanya-tanya karena nama ini begitu asing di telinga kita. Namun jika kita mendengar Hotel Sahid mungkin sebagian dari kita akan tahu hotel itu karena hotel itu adalah salah satu hotel terbesar di Indonesia. Ternyata di balik berdirinya Hotel Sahid ada nama Sukamdani Sahid Gitosardjono. Jaringan Hotel Sahid merupakan salah satu jaringan hotel terbesar di Indonesia yang bernaung dibawah Sahid Group yang membawahi beberapa bisnis. Pendirian Sahid Group mulai dirintis pada tahun 1953. Selain Jaringan Hotel Sahid beliau juga pemilik dari Hotel Sahid Jaya International.

SOSMA PEDULI BANJIR DKI JAKARTA

Musibah banjir yang melanda ibu kota tercinta ini, sangat berpengaruh besar bagi warganya, belum lagi musibah banjir ini melumpuhkan beberapa jalan-jalan protokol diJakarta. dan musibah banjir ini pun melumpuhkan aktivitas rutinitas yang dilakukan oleh warga sekitar. Namun hal ini tidak menyurutkan semangat SOSMA team untuk membantu para korban bencana banjir ini, dan kegiatan sosial ini dilakukan atas dasar kemanusiaan / peduli akan sesama, dan SOSMA dalam kegiatan sosial ini bekerja sama dengan GIRIGAHANA Universitas Pembangunan Nasional ( UPN ) dan AL-AZHAR photo diatas itu adalah pada saat team tiba dilapangan dan sedang prepare untuk melakukan evakuasi terhadap korban banjir. EVAKUASI IBU HAMIL   ini adalah salah satu korban banjir ibu dengan kondisi hamil tua, dan menurut informasi dari suami ibu hamil tersebut sudah bulannya untuk melahirkan, dan dua balita yang naik dalam perahu ini pun sedang mengalami panas / demam, dan kami pun membawanya ke pihak medic

SOSMA 13 TH ANNIVERSARY

Semangat Pagi Guuys...!!! Hari ini kita mau share nih acara ultah SOSMA 13 yang udah kita adain tanggal 28 Juni kemaren, temen-temen yang kemaren dateng pasti udah tau doong gimana serunya... :D Yuk kita review lagi.. :D Acara ultah SOSMA yang ke 13 kemarin mengusung tema " BERLAYAR MENUJU KEEMASAN " dengan tema itu diharapkan di usia SOSMA yang ke 13 ini, SOSMA akan tetap menjadi yang terdepan, menjadi tangguh, menjadi sosok yang disegani layaknya sebuah kapal yang sedang berlayar mengarungi samudera yang ganas untuk mencapai ke tujuannya..