Langsung ke konten utama

Melestarikan Permainan Tradisional Indonesia di Dies Natalis 33 STP Sahid Jakarta

http://ukmsosma.blogspot.co.id/

Seiring dengan perkembangan zaman, segala hal pun mengalami perubahan menjadi lebih modern. Tak terkecuali dalam dunia permainan anak-anak. Di era tahun 2016 ini, kita semakin jarang melihat anak-anak yang bermain permainan tradisional. Hanya dibeberapa pelosok daerah yang belum terjamah saja yang masih mempertahankan permainan tradisional yang merupakan ciri khas dari Indonesia tersebut. Permainan tradisional kini mulai tergeser dengan munculnya permainan modern seperti game online, play station, dan sebagainya. Padahal yang sudah kita ketahui, permainan tradisional yang diciptakan oleh nenek moyang kita secara turun-temurun ini lebih banyak manfaatnya bagi perkembangan anak, terutama dalam pembentukan karakter anak.



Permainan tradisional pun dapat mengembangkan kreatifitas dan kecerdasan anak. Salah satunya yaitu permainan Egrang Bambu yang melatih konsentrasi dan keseimbangan anak yang memainkannya dan juga dapat membentuk karakter tertentu seperti menjadi orang yang ulet dan sabar.Maka dari itu, penting rasanya kita sebagai kawula muda mempertahankan permainan-permainan tradisional tersebut.

Kali ini kami dari Unit Kegiatan Mahasiswa Solidaritas Sosial Mahasiswa (UKM SOSMA) bekerjasama dengan Gudang Dolanan Indonesia mengadakan kegiatan yang berupaya untuk mengenalkan dan mengingatkan kembali permainan tradisional yang kini sudah jarang ditemui di sekitar lingkungan kita. 
Kegiatan ini kami buat dalam rangka memeriahkan acara Dies Natalies STP Sahid Jakarta yang ke-33, yang bertujuan mengajak mahasiswa untuk berpartisipasi dalam melestarikan budaya Indonesia salah satunya yaitu permainan tradisional.

Kegiatan “Save Dolanan Indonesia” ini kami buat dengan membuka booth yang di-design semenarik mungkin serta disediakannya berbagai macam permainan tradisional yang kami lengkapi dengan artikel mengenai sejarah dan manfaatnya. Dan tak lupa juga kami sediakan tempat untuk mengabadikan gambar (Photobooth) yang bisa digunakan untuk para pengunjung. Dengan diiringi lagu-lagu daerah yang sudah kami siapkan untuk melengkapi booth tradisional ini, para peserta bermain dengan canda tawa teringat masa kecil mereka yang pernah memainkan permainan-permainan tradisional tersebut.

“Dulu di kampung saya egrang ini bisa sampai 3 meter tingginya, dan ini salah satu permainan tradisional yang baik untuk perkembangan anak”, tutur Ketua STP Sahid saat mendatangi booth Dolanan kami.



Selain booth permainan tradisional atau lebih dikenal dengan dolanan ini, kami dari UKM SOSMA pun menampilkan atraksi memainkan permainan tradisional dan mengajak para peserta baik itu dari lembaga STP Sahid maupun mahasiswa untuk bergabung dan memainkan permainan tersebut. Penampilan atraksi dolanan pun disambut baik dengan antusias para peserta yang mengingat kembali masa-masa bermain pada zaman mereka kecil dulu.



Terbukti permainan tradisional ini mampu mendidik dan mengembangkan kreatifitas generasi bangsa, serta mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi kebudayaan dan pariwisata Indonesia.
Setelah mengadakan kegiatan “Save Dolanan Indonesia” dalam Dies Natalies STP Sahid ke-33 ini, UKM SOSMA akan terus mengadakan kegiatan-kegiatan yang berupaya mengembangkan dan mempertahankan ciri khas dan kebudayaan Indonesia demi generasi bangsa Indonesia yang lebih baik.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Motivasi Hebat "Kentang Busuk"

KISAH MOTIVASI HIDUP “KENTANG BUSUK” Pagi hari di sebuah sekolah, seorang guru mengajarkan sesuatu pada murid-muridnya. Beliau meminta agar para murid membawa sebuah kantong plastik besar dan mengisinya dengan kentang. Kentang-kentang itu mewakili setiap orang yang pernah menyakiti hati mereka dan belum dimaafkan. Setiap kentang yang dibawa, dituliskan sebuah nama orang yang pernah menyakiti hati murid-murid itu. 

SIMPUL " HAL MENDASAR UNTUK KESELAMATAN YANG BESAR "

Hi Guys..!!! Sahabat Elang... Selamat datang kembali di blog ukm SOSMA.. Kali ini elang mau ngebahas tentang Simpul dasar yang sering banget digunain buat aktifitas outdoor di alam bebas... nah sebelumnya, simpul itu apa sih? terus gunanya buat apa? yuk kita bahas satu persatu... A. Pengertian Simpul Simpul adalah hubungan 1 atau 2 tali yang dianyam sedemikian rupa sehingga sesuai dengan fungsi yang diharapkan, ada juga bisa diartikan seperti ini, Ikatan pada tali atau tambang yang dibuat dengan sengaja untuk keperluan tertentu..

Hymne & Mars STP SAHID

HYMNE STP SAHID BERSATU DALAM CITA BERHIMPUN BERSAMA DIBAWAH PANJI SAKTI ALMAMATERKU... KU BHAKTI KAN DHARMAKU  PADA INDONESIA... TURUT ABDIKAN JASA MEMBANGUN BANGSA ALMAMATERKU YANG TERCINTA TETAPLAH ABADI BERKAHI LAH YAA TUHAN STP SAHID JAYA..!!!! MARS STP SAHID SEJALAN RODA PEMBANGUNAN DIBIDANG PARIWISATA DI STP SAHID KITA BELAJAR BERSAMA DENGAN ILMU, AMAL, DAN SHOLEH MARILAH KITA BERSAMA MENJUNJUNG HARKAT MARTABAT BANGSA DAN NEGARA TAAT DIDALAM IBADAH KEPADA YANG ESA GALAKAN PARIWISATA KE MANCANEGARA MAJU TERUS PANTANG MUNDUR LANGKAH LURUS TERATUR GAPAI CITA-CITA SETINGGI ANGKASA JANGAN MALAS, JANGAN TUNDA BUANG WAKTU PERCUMA MASA DEPAN JAYA STP SAHID JAYA..!!!

Sukamdani Sahid Gitosardjono : Anak Tukang Jahit Yang Menjadi Pengusaha Sukses

Sukamdani Sahid Gitosardjono , ketika mendengar nama ini orang awam pasti bertanya-tanya karena nama ini begitu asing di telinga kita. Namun jika kita mendengar Hotel Sahid mungkin sebagian dari kita akan tahu hotel itu karena hotel itu adalah salah satu hotel terbesar di Indonesia. Ternyata di balik berdirinya Hotel Sahid ada nama Sukamdani Sahid Gitosardjono. Jaringan Hotel Sahid merupakan salah satu jaringan hotel terbesar di Indonesia yang bernaung dibawah Sahid Group yang membawahi beberapa bisnis. Pendirian Sahid Group mulai dirintis pada tahun 1953. Selain Jaringan Hotel Sahid beliau juga pemilik dari Hotel Sahid Jaya International.

COACHING CLINIC SOSMA STP SAHID BERSAMA WARGA DESA WISATA KONSERVASI CURUG PANGERAN "CITA RASA PANGAN NUSANTARA"

Curug Pangeran, 9 Agustus 2014 Indonesia merupakan Negara yang sangat kaya akan Sumber Daya Alamnya, di setiap daerah, di setiap pelosok, sudah sangat banyak ditemukan berbagai macam tanaman yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia, baik untuk diperjual belikan maupun untuk dikonsumsi. Indonesia sebagai Negara agraris memiliki kesempatan besar untuk menjadi Negara yang sangat kuat dibidang kuliner,

SOSMA PEDULI BANJIR DKI JAKARTA

Musibah banjir yang melanda ibu kota tercinta ini, sangat berpengaruh besar bagi warganya, belum lagi musibah banjir ini melumpuhkan beberapa jalan-jalan protokol diJakarta. dan musibah banjir ini pun melumpuhkan aktivitas rutinitas yang dilakukan oleh warga sekitar. Namun hal ini tidak menyurutkan semangat SOSMA team untuk membantu para korban bencana banjir ini, dan kegiatan sosial ini dilakukan atas dasar kemanusiaan / peduli akan sesama, dan SOSMA dalam kegiatan sosial ini bekerja sama dengan GIRIGAHANA Universitas Pembangunan Nasional ( UPN ) dan AL-AZHAR photo diatas itu adalah pada saat team tiba dilapangan dan sedang prepare untuk melakukan evakuasi terhadap korban banjir. EVAKUASI IBU HAMIL   ini adalah salah satu korban banjir ibu dengan kondisi hamil tua, dan menurut informasi dari suami ibu hamil tersebut sudah bulannya untuk melahirkan, dan dua balita yang naik dalam perahu ini pun sedang mengalami panas / demam, dan kami pun membawanya ke pihak medic