Langsung ke konten utama

PARIWISATA UNIK DAN LANGKA : KAMPUNG NAGA A.K.A DRAGON VILLAGE :D , KAMPUNG TRADISI BUDAYA

Hey hey semua para kawula  muda dan seluruh jajaran manusia hidup hahahha, yang hobi jalan – jalan ataupun tidak sekarang ni aku mau cerita ni tentang sebuah kampung yang unik banget. Perkenalin dong KAMPUNG NAGA yang merupakan kampung yang masih menjaga banget budaya dan menjaga banget tradisi leluhur.
 Aku mau cerita dulu gimana sih akses untuk menuju ke kampung naga ? nah mudah banget guys untuk menuju kesana tu kita Dari Bandung ke Kampung Naga rutenya adalah Cileunyi -> Rancaekek -> Nagreg > - Leles dan Garut Kota -> Cilawu -> Lokasi Kampung Naga. Jalannya berkelok – kelok mulus alussssssss dengan disuguhi pemadangan yang keren banget udara juga sejuk – sejuk selawww men pokoknya tenang nyaman dehhhh !

Jadi tu kampung naga ni letaknya di lembah – lembah pegunungan guys, jelas dong karna letaknya di lembah ya udah pasti dia diapin 2 gunung besar dan hutan keramat yang konon katanya hutan itu gak pernah di sentuh oleh tangan – tangan manusia walaupun masyarakat setempat. Untuk menuju kampung yang uwawawaw ini kita hari siapin tenaga dan mental extra guys karna kita akan bertemu dengan sederet benda yang bisa buat berat badan turun dan awet muda , Serius! Benda itu adalahhhhhh TANGGA yang memiliki anak tangga 420 buah bussyet kan, tapi tenang gak bakalan terasa capek nyaaa karena selama pejalan akan di suguhi dengn pemandangan sawah, gunung, dan sungai mengalir dengan di penuhi bebatuan besar kecil hahaha bayangkan kita juga akan melihan susunan perumahan yang unik dan tertata rapi di kampung naga.


    
Setelah sampai di sana kita akan melihan banyak keunikan yang gak kita dapatkan di kota – kota dan perkampungan yang lain, di kampung naga kita gak akan liat lampu gak akan liat tiang listrik, tower dan apalah itu yang berbau elektronik, kenapa ? masyakat gamau ada yang rusak karna elektronik, dan mereka percaya tanpa listrik mereka juga bisa hidup , uniknya lagi masyarakat ini gatau sejarah dar ikampung itu, katanya karena arsip – arsip sejarah mereka di bakar waktu Zaman, ihh jahat banget kan ya . nah karna gaada bukti sejarah itu makanya kampung ini namanya kampung naga, bukan karena ada naganya tapi karena gak jelas, teruss masrayakat dulu buat aja nama dari kata NAGAWIR yang dalam bahasa sunda artinya lembah yang subur.


Bayangkan dong gimana gelapnya kampung naga karna gak ada listrik dan lampu yang meneranginya, teruss mereka punya kamar mandi atau jamban atau toilet atau apalah itu yang letaknya di luar rumah uwaawaaa! Seram. Terus masyarakat di kampung naga juga kuat – kuar segar bugar bayangkan aja selama hidup meraka gak pernah beli beras dari luar rumah, tapi mereka nikmati hasil sawah mereka mereka tumbuk sendiri terus hasilnya mereka simpan dan di jadikan stokkkk untuk makan untuk besok dan bulan besok, dan berasnya itu di simpan di sebuah lumbuk ,milik bersama yaitu di sebelah musholaa.


   

            Di Kampung naga kita juga melihat keunikan rumah warga yang dibut dari bahan – bahan alam  yang di ambil dari perkebunan warga setemat  dari atap dan kayunya masyarat cari sendiri kecuali  semen , dan paku itunudah pasti di beli hehehe. Terus isi rumahnya juga tertata rapi tanpa kursi bayangkan kwulah mudaa gaada kursi ! terus alat alat rumah tangganya juga masi tradisional sisttt dan rumahnya dibuat oleh masyarakat dengan gotong royong sumpah mennn kompak banget warganyaaa. Terus rumahnya tu pasti ada halamannya terus di susun dengan bebatuan yang besar – besar untuk tempat nongkrong gitu hahaha. Rumahnya tu tersusun rapii banget. Terus pintunya gapernah di kunci mennn, dan di jamin gaada maling nya. Terus kita sebagai wisatawan kalo berkunjung ke kampung naga dan mau belajar tentang budaya yang ada di kampung naga itu kita wisa nginap di rumah warga dan tentunya kita akan di anggap seperti bagian keluarganya sendiri, kita masak , kita makan, kita tidur dan hidup di kegelapan gulita bila malam . seru kan yaa kita bisa belajar sambil menikmati wisata kita yang keluar dari kehidupan kita di kota kita.


Ni sihh broo warga kampung naga masak masih pake kayu api membara itu manual banget!

Men alat penerang disana tu Cuma teplokkkk, bener – bener teplok bruhhh!


Kalo menggosok atau bahasa gaulnya adalah mensertika pakaian masi pake arangg mennn !




Broohh sis tau gak warga kampung naga juga pintar dagang loh,  mereka juga menjual souvenir untuk menjadi cendramata yang bisa kita bawa dari kampung naga hahahaaa kenang – kenangan men !

Nah men kalo masalah religius warga kampung naga itu kuat banget mennn! Dan menghormati banget sejarah2 dan mematuhi peraturan yang di buat oleh kuncen ( sesepuh) yang katanya udah di di kenal dari jaman nenek moyang duluuu.  Dan di sana ada satu rumah yang gabisa di masuki oleh orang lain termasuk warga setempat selain kuncen, karna disana tempat kuncen bersimedi dan berbicara sama roh – roh sesepuh terdahulu katanyaa,, wahhh berbau mistiss kan tapi itu mereka patuhi lohhhh, dan mereka percaya itu.
Unik kan kampung naga dan ini merupakan wisata sejarah, wisata budaya, wisata religius, dan include wisata alam ,wisata education uwwwaaaw lengkap kan! . kita bisa banyak belajar di kampung naga men, bisa lebih menghargai waktu dan lingkungan, beda banget kan sama kehidupan kota, gak nyeseal deh kalau berkunjung ke kota tua bakal banyak yang kita lihat dan kita pelajari , kita bakal rasakan merasakan sensasi yang bedaa berberberberrrrr !

Tips nih kalo mau mengunjungi kampung naga mennnn......
1.       Gunakanlah guide lokal orang Kampung Naga kalau anda belum pernah mengunjungi kampung ini, karena ada beberapa lokasi yang dikeramatkan dan tidak boleh difoto. Kalau Anda belum pernah ke sini dan tidak menggunakan guide lokal bisa melanggar larangan kampung ini.

2. Anda bisa menginap di sini, tetapi tidak bisa mendadak dan harus memberitahu kuncen terlebih dahulu.

3. Buat yang menginap di Kampung Naga jagalah kesopanan, seperti pakaian yang sopan dan jangan melanggar adat istiadat.

4. Di Kampung Naga tidak ada listrik, bawalah powerbank atau batere cadangan. Bisa mengisi baterai tapi di luar pemukiman adat.



Selamat jalan jalan men.........


Salam Sosma

Putri Yana # 103 PRATISENA SATYA JAGADHITA


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SIMPUL " HAL MENDASAR UNTUK KESELAMATAN YANG BESAR "

Hi Guys..!!! Sahabat Elang...

Selamat datang kembali di blog ukm SOSMA..




Kali ini elang mau ngebahas tentang Simpul dasar yang sering banget digunain buat aktifitas outdoor di alam bebas...
nah sebelumnya, simpul itu apa sih? terus gunanya buat apa?
yuk kita bahas satu persatu...
A. Pengertian Simpul
Simpul adalah hubungan 1 atau 2 tali yang dianyam sedemikian rupa sehingga sesuai dengan fungsi yang diharapkan, ada juga bisa diartikan seperti ini, Ikatan pada tali atau tambang yang dibuat dengan sengaja untuk keperluan tertentu..

Kampus Dengan Jurusan Pariwisata Dan Perhotelan Unggulan Di Indonesia

Sebentar lagi tahun tahun ajaran baru akan dimulai. Anak kelas XII tentunya sudah memilih selanjutnya akan kuliah dimana. tetapi mungkin masih ada juga yang bingung akan kuliah dimana.

Banyak banget pilihannya, mau Ekonomi, Sastra, Teknik, Psikologi, atau mungkin Pariwisata. Nah, salah satu jurusan yang sedang menjadi favorit beberapa tahun terakhir ini adalah pariwisata dan perhotelan. Terlihat dari permintaan lulusannya yang tinggi, efek dari berkembangnya pariwisata dan perhotelan di Indonesia bahkan dunia ini.

Kali ini kita akan kasih kamu referensi perguruan tinggi yang memiliki jurusan pariwisata dan perhotelan terfavorit di Indonesia yang mungkin bisa kamu pilih. Selamat memilih dan akhirnya menggalau.
Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Alamat: JL. DR. Setiabudhi 186 Bandung 40141
Tlp. 022.2011456 | Fax. 022.2012097
email : ppmb@stp-bandung.ac.id
Website: http://pmb.stp-bandung.ac.id Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali. Alamat: Jl. Darmawangsa, Kampial, Nusa Dua –…

Hymne & Mars STP SAHID

HYMNE STP SAHID
BERSATU DALAM CITA BERHIMPUN BERSAMA DIBAWAH PANJI SAKTI ALMAMATERKU...
KU BHAKTI KAN DHARMAKU  PADA INDONESIA... TURUT ABDIKAN JASA MEMBANGUN BANGSA
ALMAMATERKU YANG TERCINTA TETAPLAH ABADI
BERKAHI LAH YAA TUHAN STP SAHID JAYA..!!!!

MARS STP SAHID
SEJALAN RODA PEMBANGUNAN DIBIDANG PARIWISATA DI STP SAHID KITA BELAJAR BERSAMA
DENGAN ILMU, AMAL, DAN SHOLEH MARILAH KITA BERSAMA MENJUNJUNG HARKAT MARTABAT BANGSA DAN NEGARA
TAAT DIDALAM IBADAH KEPADA YANG ESA GALAKAN PARIWISATA KE MANCANEGARA
MAJU TERUS PANTANG MUNDUR LANGKAH LURUS TERATUR GAPAI CITA-CITA SETINGGI ANGKASA JANGAN MALAS, JANGAN TUNDA BUANG WAKTU PERCUMA
MASA DEPAN JAYA STP SAHID JAYA..!!!

SOSMA 1.7 PROFESSIONAL AWARD 2017

Selasa, 12 September 2017




17 Tahun lalu harapan diiringi dengan usaha, SOSMA didirikan sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa di STP Sahid Jakarta yang bergerak di bidang Sosial dan Pariwisata.
17 tahun sudah sejak perjuangan abang dan kakak kami untuk membangun organisasi yang tentunya dengan harapan organisasi ini dapat berguna untuk masyarakat, Nusa, Bangsa dan Negara.
Dalam usia yang ke-17 tahun ini, Kami masihlah sebuah keterbatasan, belum banyak hal yang bisa kami berikan untuk SOSMA namun perjuangan kami belum berhenti sampai disini.

Di usia yang dikatakan “special” oleh banyak orang, 17 tahun juga kami maknai dengan sangat special.
Perayaan anniversary SOSMA kali ini mengangkat tema “SOSMA 1.7 Professional Award 2017” dengan tujuan memberikan penghargaan untuk orang-orang yang sudah berjasa, umumnya untuk STP Sahid dan khususnya untuk SOSMA sendiri.

Perayaan anniversary kali ini juga, kami memilih untuk mengangkat budaya Indonesia dari keseluruhan rangkaian acara sepert…

Sukamdani Sahid Gitosardjono : Anak Tukang Jahit Yang Menjadi Pengusaha Sukses

Sukamdani Sahid Gitosardjono, ketika mendengar nama ini orang awam pasti bertanya-tanya karena nama ini begitu asing di telinga kita. Namun jika kita mendengar Hotel Sahid mungkin sebagian dari kita akan tahu hotel itu karena hotel itu adalah salah satu hotel terbesar di Indonesia. Ternyata di balik berdirinya Hotel Sahid ada nama Sukamdani Sahid Gitosardjono. Jaringan Hotel Sahid merupakan salah satu jaringan hotel terbesar di Indonesia yang bernaung dibawah Sahid Group yang membawahi beberapa bisnis. Pendirian Sahid Group mulai dirintis pada tahun 1953. Selain Jaringan Hotel Sahid beliau juga pemilik dari Hotel Sahid Jaya International.

Kisah Motivasi Hebat "Kentang Busuk"

KISAH MOTIVASI HIDUP “KENTANG BUSUK”

Pagi hari di sebuah sekolah, seorang guru mengajarkan sesuatu pada murid-muridnya. Beliau meminta agar para murid membawa sebuah kantong plastik besar dan mengisinya dengan kentang. Kentang-kentang itu mewakili setiap orang yang pernah menyakiti hati mereka dan belum dimaafkan. Setiap kentang yang dibawa, dituliskan sebuah nama orang yang pernah menyakiti hati murid-murid itu.